Tension Type Headache? ini cara mengatasinya!

TENSION TYPE HEADACHE

Sakit kepala datang dalam berbagai bentuk. Jenis yang paling umum adalah sakit kepala tegang. Organisasi Kesehatan Dunia melaporkan bahwa sekitar 7 juta orang Australia cenderung mengalami sakit kepala tegang. Tidak banyak data epidemiologi mengenai tension type headache (TTH) di Indonesia. Sebuah penelitian di Bali yang dilakukan pada mahasiswa senior fakultas kedokteran, melaporkan bahwa TTH ditemukan pada 60,3% dari 73 orang. Seperti namanya, sakit kepala tegang disebabkan oleh ketegangan atau ketegangan pada otot-otot di sekitar kepala dan leher. Mereka hadir dalam berbagai cara yang berbeda atau dalam berbagai kombinasi dari masing-masing keluhan yang muncul ini:

  • Nyeri tumpul dan persisten yang intensitasnya sangat bervariasi
  • Biasanya terasa di sekitar kepala dan leher di kedua sisi
  • Bisa tajam, menusuk rasa sakit di kepala
  • Merasakan ketat atau berat yang konstan di sekitar kepala
  • Tightness and tenderness / ketegangan dan nyeri di kepala, leher dan otot bahu
  • Pembatasan gerakan leher dan bahu
  • Sulit berkonsentrasi atau tidur
  • Kepekaan terhadap cahaya dan suara
  • Mual
TENSION TYPE HEADACHE
TENSION TYPE HEADACHE

Jadi apa yang bisa dilakukan? Sama seperti ada banyak keluhan yang muncul, ada juga banyak cara untuk membantu mengatasi sakit kepala tegang.

Baca juga artikel terkait: FISIOTERAPI BEKASI, KLINIK FISIOTERAPI BEKASI

Minum obat  atau bahkan resep dokter.

Minum obat untuk menghilangkan rasa sakit adalah “penyembuhan” yang terkenal. Terkadang ini cukup untuk mengatasi gejala tersebut. Tapi hati-hati, penggunaan obat jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan hati. Jika Anda telah minum obat selama lebih dari seminggu, konsultasikan dengan dokter Anda atau cari perawatan dari praktisi perawatan kesehatan yang berkualitas.

Sesuaikan kebiasaan kerja Anda dan atur workstation Anda dengan benar.

Berada dalam postur yang sama untuk waktu yang lama dapat menyebabkan kelebihan otot dan kelelahan. Hal ini menyebabkan peningkatan ketegangan melalui bahu Anda, punggung atas dan tentu saja leher Anda. 

Luangkan waktu jauh dari stres.

Hidup bisa menjadi stres. Stres meningkatkan ketegangan di seluruh tubuh Anda – dari sakit kepala tegang. Jadi luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai atau bahkan berlibur. Sebagai alternatif, praktikkan teknik relaksasi seperti latihan pernapasan dalam & meditasi. Perawatan sakit kepala tegang

Dapatkan kualitas tidur yang baik.

Tidur malam yang baik dapat membantu meredakan kecemasan, stres, dan kelelahan – tiga faktor besar penyebab sakit kepala tegang. Usahakan untuk tidur 8 jam setiap malam.

Lakukan olahraga secara teratur.

Latihan fisik membantu melepaskan ketegangan dan stres dalam tubuh Anda sementara juga melepaskan Endorfin – bahan kimia bahagia Anda. Hanya 30 menit berjalan kaki tiga kali seminggu sudah cukup untuk mencegah sakit kepala Anda.

Minum air.

Hidrasi yang buruk dapat menyebabkan ketegangan otot di seluruh tubuh Anda. Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan baik. Ingatlah bahwa jika Anda merasa haus, Anda sudah mengalami dehidrasi.

Oleskan kompres panas / dingin ke dahi Anda atau di mana Anda merasakan sakit kepala.

Penggunaan panas atau dingin dapat membantu meredakan ketegangan otot di sekitar kepala dan leher. 

Gentle self-massage / Pijat dibagian dahi, temporal, dan bagian belakang leher Anda.

TENSION TYPE HEADACHE

Area-area ini adalah area umum Tightness (Tegang) yang berkontribusi pada sakit kepala. Massage membantu meningkatkan aliran darah, mengurangi stres dan meningkatkan mobilitas dan fleksibilitas sendi. Tentu saja ini sangat membantu mengurangi keparahan sakit kepala tegang.

Stretching (Peregangan)

sakit kepala

Rutin melakukan peregangan dapat membantu agar tubuh Anda tetap lentur. Karena ketika jarang untuk melakukan peregangan, kemampuan mobilitas akan banyak berkurang sehingga gerakan menjadi terbatas.

Jika tubuh Anda lentur, melakukan aktivitas sehari-hari tentunya akan lebih mudah. Selain berguna untuk kelenturan tubuh, melakukan latihan peregangan juga akan memberikan manfaat berikut ini:

  • Melancarkan aliran darah ke otot
  • Memperbaiki postur tubuh
  • Menyembuhkan dan mencegah sakit punggung
  • Meredakan stres
  • Mengatasi sakit kepala tegang (tension headache)
  • Menurunkan risiko cedera saat berolahraga

Jangan melakukan peregangan secara berlebihan atau overstretch karena justru akan menyebabkan cedera segera berhenti jika merasa sakit berarti Anda terlalu memaksakan tubuh dan harus segera menghentikan latihan peregangan. Atur pernapasan akan membantu Anda untuk melepaskan ketegangan dan membuat latihan peregangan menjadi lebih mudah.

baca juga artikel tentang:

FISIOTERAPI JAKARTA

FISIOTERAPI TERBAIK JAKARTA

KLINIK FISIOTERAPI JAKARTA

FASKES BPJS JAKARTA UTARA : NK HEALTH

KLINIK BPJS TINGKAT 1 JAKARTA BARAT: NKHEALTH

KLINIK FISIOTERAPI BEKASI: PUSPA HUSADA

KLINIK FISIOTERAPI JAKARTA BARAT

KLINIK VAKSIN JAKARTA

MENGATASI SAKIT LEHER DENGAN STRETCHING

Leave a Reply

Your email address will not be published.