Cara Mengatasi Darah Rendah

Cara Mengatasi Darah Rendah

Cara Mengatasi Darah Rendah
Cara Mengatasi Darah Rendah

Kita pasti sudah sering mendengar tentang darah tinggi, orang tua di atas 40 tahun sering diperiksa tensi atau tekanan darahnya, dan bila di atas 140/90 dinyatakan memiliki darah tinggi.

Tapi kalau darah rendah, mungkin kebanyakan orang tidak mengetahuinya. Secara teknis adalah kebalikan dari darah tinggi. Apabila seseorang memiliki tekanan darah sekitar 100/70 atau 90/60, bisa dikatakan dia memiliki darah rendah. Darah rendah yang kita bahas di sini tidak termasuk syok ya, dimana seseorang pingsan akibat memiliki tekanan darah dibawah 90/60 karena perdarahan atau hal-hal lainnya.

Jadi bagaimana seseorang bisa memiliki darah rendah? Pertama kita asumsikan dulu jantung manusia adalah sebuah pompa untuk darah, jadi yang mempengaruhi tekanan yang akan dikeluarkan oleh jantung kita akan tergantung dari volume darah yang masuk (preload), Kekuatan kontraksi jantung (contractility) dan resistensi pembuluh darah (afterload). Ya, ketiga factor preload, contractility dan afterload inilah yang menyebabkan tekanan seseorang darah tinggi atau rendah.

Tekanan darah yang rendah sebetulnya bukan masalah apabila orangnya sudah terbiasa, yang jadi masalah adalah kalau sampai menyebabkan lemas dan pusing akibat asupan darah ke otak yang kurang.

Dalam konteks tekanan darah rendah, kita tidak membahas mengenai afterload, karena lebih berhubungan dengan darah tinggi. Afterload akan meningkat jika pembuluh darah kita kaku, terutama pada orang-orang yang memiliki kolestrol dan kadar lemak darah tinggi, atau disebut juga akibat proses aterosklerosis.

Bagaimana dengan contractility? Jika seseorang memiliki darah rendah, kemungkinan fungsi jantung dia lebih lemah dibandingkan orang normal, tapi tidak termasuk ke kategori gagal jantung ya, karena kebanyakan orang dengan darah rendah memiliki fungsi jantung yang cukup untuk memompa darah ke seluruh tubuh meski kekuatannya lebih rendah dibandingkan kebanyakan orang.

Nah makannya, kebanyakan masalah dari tekanan darah rendah ada di preload. Kalau seseorang volume darahnya kurang, maka tekanan darah juga akan menurun. Volume ini tidak semerta-merta karena perdarahan, tapi bisa juga karena asupan cairan kita kurang. Oleh karena itu pastikan kita minum yang cukup setidaknya 8 gelas sehari supaya kita tidak pusing akibat tekanan darah rendah. Demikian semoga dapat membantu.

BACA JUGA TENTANG :

FISIOTERAPI BEKASI

FISIOTERAPI JAKARTA

KLINIK FISIOTERAPI BEKASI

FISIOTERAPI TERBAIK JAKARTA

KLINIK FISIOTERAPI JAKARTA

FASKES BPJS JAKARTA UTARA : NK HEALTH

KLINIK BPJS TINGKAT 1 JAKARTA BARAT: NKHEALTH

KLINIK FISIOTERAPI BEKASI: PUSPA HUSADA

KLINIK FISIOTERAPI JAKARTA BARAT

KLINIK VAKSIN JAKARTA

MENGATASI SAKIT LEHER DENGAN STRETCHING

Leave a Reply

Your email address will not be published.