Cara Mencegah Berat Badan Naik

Cara Mencegah Berat Badan Naik

Obesitas merupakan masalah utama yang terjadi di masa kini. Dengan banyaknya tersedianya makanan dan minuman di sekitar kita dan layanan antar yang cepat memudahkan kita mengakses makanan tersebut setiap saat. Hal inilah yang menyebabkan tingginya angka obesitas dan komorbiditas yang terjadi akibat hal tersebut.

Cara Mencegah Berat Badan Naik

Oleh karena itu banyak orang yang mencari metode untuk diet atau mencegah kenaikan berat badan. Anda mungkin pernah mendengar tentang berbagai metode diet, seperti diet keto, diet paleo, diet rendah lemak atau gula dan sebagainya. Atau mungkin anda sudah mencoba metode diet tertentu, tetapi tidak berhasil? Maka artikel ini mungkin cocok untuk anda dan bisa membantu anda. 

Pertama anda mungkin sudah kenal dengan konsep kalories in, kalories out. Prinsipnya adalah energi dari makanan yang masuk harus sama dengan yang kita bakar. Contohnya mungkin anda seseorang pegawai kantor dan disarankan mengkonsumsi 1800 kalori perhari. Jadi kalau anda makan dibawah itu tentu berat badan anda tidak akan meningkat.  Atau mungkin anda sudah pernah mencoba makan makanan seperti selada atau apel agar cepat kenyang dan berkalori rendah, tetapi tidak berhasil menurunkan berat badan? Tahukah anda kenapa?

Jawabannya adalah karena semua metode diet yang pernah anda baca atau coba adalah metode “diet” dan itu adalah masalahnya. Diet tidak akan pernah berhasil menurunkan berat badan, terutama di jangka Panjang. Kenapa? Satu karena anda menyulitkan diri anda sendiri, contohnya jika anda menghitung kalori, apakah anda akan menghitung kalori anda setiap hari? Tentu tidak. Kalau anda harus makan apel supaya kurus, apakah anda akan makan apel setiap hari? Tentu tidak, anda akan jenuh pasti suatu saat. Jadi semua metode diet ini hanya bisa berfungsi secara teori, tidak bisa digunakan di dunia nyata. 

Prinsipnya sebetulnya sederhana, “keep it simple”, jangan pernah memakan sesuatu dengan tujuan supaya bisa kurus atau supaya berat badan tidak naik. Prinsip pertama adalah anda pasti tahu makanan apa yang tidak seharusnya anda makan, misalnya kue saat rapat, kopi manis dan lainnya, mulailah mengganti hal tersebut dengan makanan yang lebih sehat, contohnya kue saat rapat anda ganti dengan buah atau gula kopi anda diganti dengan gula tropikana. 

Jadi prinsipnya, carilah makanan sehat yang anda suka, dan akan lebih baik jika anda memakan masakan sendiri karena anda tahu apa yang anda makan. Jangan terlalu sering makan di luar karena anda tidak tahu berapa banyak gula dan garam yang mereka tabur di makanan anda. Jika anda mengganti makanan dan snack anda sehari-hari dengan makanan sehat, akan sangat membantu mencegah anda mengalami obesitas. 

Selanjutnya, perlu anda ingat, tubuh kita memiliki kecenderungan untuk menyimpan energi. Jadi jika anda terus menerus makan sehat, suatu saat anda akan mencapai titik buntu di mana berat anda tidak akan turun lagi. Jika anda sudah mencapai titik ini, maka anda memerlukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya. Akan tetapi karena topik kita hanya mencegah kenaikan berat badan, maka mengganti makanan yang bias akita makan dengan yang lebih sehat cukup untuk hal ini. Ingat prinsipnya keep it simple dan jangan pernah memaksa makan makanan yang anda tidak suka, sekian dan semoga bermanfaat. 

BACA JUGA ARTIKEL TENTANG:

FISIOTERAPI TERBAIK JAKARTA

KLINIK FISIOTERAPI JAKARTA BARAT

KLINIK VAKSIN JAKARTA

KLINIK BPJS TINGKAT 1 JAKARTA BARAT: NKHEALTH

Pengaruh Covid-19 Pada Penderita Asma

PHYSIOTHERAPY CLINIC IN JAKARTA

Fisioterapi Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.